Bagaimana cara membuat Game RPG : 4 arah

        
sebelum kita lanjut ane bakal ngasih tau kegunaan dari event dan script yang ane berikan nanti
Event :
-Create Event (Gambarnya seperti lampu) berfungsi untuk melakukan perintah dari script saat object pertama kali dibuat (pembuatanya di room)
-Step Event (Gambarnya seperti jejak kaki) berfungsi untuk melakukan perintah dari script selama object itu masih ada di dalam ruangan (jadi scriptnya akan terus aktif jika belum hancur / pindah room)

Script:
-image_index=index dari sebuah sprite (index ini memulai dari 0)
-image_speed=kecepatan animasi sebuah sprite (tulis image_speed=0 agar animasi berhenti)
-sprite_index=berguna untuk mengganti sprite
-keyboard_check(tombol)=ini berfungsi untuk menekan tombol, tombolnya bisa diisi terserah :3 tombol - tombol dalam GML bisa dilihat disini
-keyboard_check_released(tombol)=kalo keyboard_check berfungsi untuk menekan maka ini berfungsi untuk melepaskan tombol
-vspeed=berguna agar playernya bergerak...... diisi negatif untuk berjalan ke atas dan positif untuk kebawah
-hspeed=sama seperti vspeed hanya saja diisi negatif untuk berjalan ke kiri dan positif untuk kekanan

Lainnya :
-If = If didalam bahasa indonesianya artinya jika, if digunakan bila ingin menjalankan script, tetapi ada syaratnya .... apa syaratnya ? yaitu kode yang ada di sebelah if, dan setelah kode itu harus diawali denga { dan diakhiri dengan }

contoh:
if keyboard_check(vk_right) {
x+=5;
}

Or = atau

kali ini ane akan nge-bahas tentang caranya membuat Game RPG 4 arah..... mula - mula kita masukin dulu sprite rpg kita ke dalam game maker.... kalo gak punya sprites rpg nya ini ane kasih buat coba coba aja.....

ini adalah sprites bikinan DragonEpic94 dari Deviantart..... oke kita lanjut saja.....kita masukin sprites jalan kebawah dengan nama jalan_bawah_sprite...... jalan keatas dengan nama jalan_atas_sprite........ jalan ke samping kanan dengan nama jalan_kanan_sprite....... jalan ke samping kiri dengan nama jalan_kiri_sprite...... kalo udah jadi bakalan jadi seperti dibawah ini nih :


kalo udah jadi, ayo kita lanjutkan ...... habis ini buat object dengan nama player_object, spritesnya diisi jalan_bawah_sprite.... lalu pencet Add Event - Create Event.... lalu akan muncul gambar seperti lampu :3..... isi create event dengan script :

image_index=0;
image_speed=0;
facing="Down"
statement="Stand"

facing adalah variable yang ane buat sendiri bukan dari fungsi asli GM, fungsinya adalah agar kita mengetahui  player menghadap kemanakah sprite itu menghadap.... karena kita tadi mengisi sprite dengan jalan_bawah_sprite maka kita mengisi nya dengan facing="Down"..... selanjutnya kita ada statement="Stand".... sebenernya ini sama saja fungsinya kayak facing="Down"... hanya saja ini lebih tepatnya digunakan untuk mengecek apa yang dilakukan oleh player, karena itulah ditulis statement="Stand" sebagai awal game, selanjutnya buat event Step.... tulis scriptnya..

//Script Menekan
if keyboard_check(vk_up) && statement="Stand" {
facing="Atas"
sprite_index=jalan_atas_sprite;
image_speed=0.3;
vspeed=-5;
statement="Walk"
}
if keyboard_check(vk_down) && statement="Stand" {
facing="Bawah"
sprite_index=jalan_bawah_sprite;
image_speed=0.3;
vspeed=5;
statement="Walk"
}
if keyboard_check(vk_right) && statement="Stand" {
facing="Kanan"
sprite_index=jalan_kanan_sprite;
image_speed=0.3;
hspeed=5;
statement="Walk"
}
if keyboard_check(vk_left) && statement="Stand" {
facing="Kiri"
sprite_index=jalan_kiri_sprite;
image_speed=0.3;
hspeed=-5;
statement="Walk"
}

//Script Melepas
if statement="Walk" {
if keyboard_check_released(vk_up) or keyboard_check_released(vk_down) {
vspeed=0;
image_speed=0;
image_index=0;
statement="Stand"
}
if keyboard_check_released(vk_right) or keyboard_check_released(vk_left) {
hspeed=0;
image_speed=0;
image_index=0;
statement="Stand"
}
}

oke kita bahas mulai dari awal ya
if keyboard_check(vk_up) && statement="Stand" {
facing="Atas"
sprite_index=jalan_atas_sprite;
image_speed=0.3;
vspeed=-5;
statement="Walk"
}

if = jika
keyboard_check = memencet,
(vk_up) = tombol atas,
&& = dan
statement="Stand" = sedang melakukan berdiri,
{ = then / maka,
facing="Atas" = menghadap ke atas,
sprite_index=jalan_atas_sprite (berubah menjadi sprite jalan_atas_sprite yang telah kita buat )
image_speed=0.3 (kecepatan animasinya 0.3)
vspeed-=5 (kecepatan jalannya -5 , negatif untuk ke atas - positif untuk ke bawah)
statement="Walk" (sedang melakukan jalan)
} = penutup (setiap ada { harus ada } sebagai penutup "if")

jika digabung bisa diartikan sebagai berikut

jika memencet tombol atas dan sedang melakukan berdiri maka menghadap ke atas , sprite berubah menjadi jalan_atas_sprite, kecepatan animasi 0.3, kecepatan jalan ke atas sebesar 5, dan sedang melakukan jalan.......

gimana ? :v jelas kan kalo udah diartikan :v hanya saat lihat script ini pertama kali saja yang bingung....... mengartikan seperti diatas juga berfungsi untuk script Menekan yang lain.... dan untuk keyboard input yang vk_up ...... nah kan belum tau kalo dalam bahasa GML seperti apa nantinya...... maka bisa dilihat disini.... dan jika vspeed untuk atas dan bawah maka hspeed untuk kanan dan kiri , hspeed = (positif ke kanan, negatif ke kiri)

setelah ini kita akan membahas script yang satunya.... tentang script melepaskan (release)

if statement="Walk" {
if keyboard_check_released(vk_up) or keyboard_check_released(vk_down) {
vspeed=0;
image_speed=0;
image_index=0;
statement="Stand"
}}

khusus untuk ini ane kasih tau fungsi or aja .... karena yang lainnya udah kita bahas jadi bisa ngartiin sendiri kan ^_^
or = sesuai artinya , atau....

jika sedang melakukan jalan, jika tombol panah atas dilepas atau tombol panah bawah dilepas maka kecepatan (atas-bawah) 0 , kecepatan animasi 0, index nya 0, dan sedang melakukan berdiri

yah setelah ini pencet centang , lalu ok, dan buat room.... terserah room nya dinamakan apa..... lalu masukan object Character ke dalam room tersebut..... dan sekarang mainkan ..... howalah


sekian tutorial dari ane .... semoga bermanfaat.... dan untuk yang bingung dengan script diatas atau yang ingin merequest tutorial bisa komentar di kolom komentar

GMK dari tutorial ini bisa didownload disini

6 komentar

Gan, klo pake game maker versi 8.1 bisa ga gan??

Reply

Gan, itu cara buat Sprite nya bikin dimana? paint? Atau aplikasi lain?

Reply

Gan, itu cara buat Sprite nya bikin dimana? paint? Atau aplikasi lain?

Reply

mantap, sayang ane gak punya laptop

Reply

Gan , password file nya apa ya? , saya sudah klik link password yg ada di dalem filenya tapi gak bisa terus, plis nih gan, lagi butuh

Reply

Posting Komentar